AHY Terpilih Aklamasi, Brilian dan Dharmawati Beber Peran NVB yang Signifikan

Jakarta, Mymanado Partai Demokrat menyelenggarakan Kongres Kelima di JCC Senayan, Minggu (15/3/2020).  Agenda utamanya adalah pemilihan ketua umum.

Dalam kongres yang berlangsung sehari penuh itu nama Sulawesi Utara (Sulut) benar-benar menonjol. Ketua DPD Sulut  EE Mangindaan dan Ketua DPC Manado Noortje Van Bone (NVB) dipercaya menjadi pimpinan sidang

Mangindaan yang menjadi pimpinan sidang mewakili unsur DPD Sulut. Mantan Wakil Ketua MPR itu dianggap punya pengalaman yang mumpuni. Ia pernah memimpin kongres sebelumnya.

Sementara NVB mewakili unsur DPC. Kemunculan NVB ini yang menarik. Informasi yang beredar di lingkaran Cikeas, nama NVB sendiri direkomendasi langsung oleh AHY.

Rekomendasi dari ketua umum terpilih itu menegaskan posisi dan kekuatan politik AHY di lingkaran partai penguasa Indonesia di 2004-2014 ini. Dari berbagai sumber diketahui pemilihan pimpinan sidang ini tidak sembarang.

“Nama yang direkomendasi tentu yang dipercaya calon ketua umum. Ingat pimpinan sidang itu mengawal jalannya sidang,” ujar sumber DPP Demokrat yang tak ingin namanya dipublish.

Dengan demikian, munculnnya nama NVB menjadi isyarat masih bertahannya kekuatan Kawanua di lingkaran Cikeas. Jika dulu ada EE Mangindaan di lingkaran SBY, sekarang ada NVB di lingkaran AHY.

Kedekatan NVB dengan AHY sendiri terlihat jelas dalam beberapa kali momentum. “Paling terlihat dalam pemilihan sidang di mana AHY sendiri yang memperjuangkan nama NVB,” ujarnya.

Keterpilihan NVB menurur dia melambangkan kepercayaan yang besar dari AHY sebagai ketum terpilih “Ini juga pertanda kuatnya dukungan politik buat NVB kedepan. Ia orang dalam di kubu AHY dan Cikeas,” kata dia lagi.

Dua pengurus DPC Manado yang ikut kongres, Brilian Charles dan Dharmawati Dareho melihat peran NVB sangat signifikan.

“Tentu sebagai kader dari DPC Manado, kami bangga atas kepercayaan tersebut. Ini memberi  semangat yang luar biasa bagi pengurus DPC dan PAC yang turut mendampingi Ibu Ketua DPC Manado dalam mengantarkan AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat,” kata Brilian yang dibenarkan Dharmawati.

Keterpilihan AHY dan keterpilihan NVB sebagai pemimpin sidang dari ratusan DPC se-Indonesia menurut keduanya sebagai signal bagi partai berlambang mercy di Manado dalam menatap Pilkada serentak 2020.

“Teman-teman koalisi perlu melihat signal atau tanda tersebut. Bahwa rekomendasi Ketua DPC Manado akan didengar oleh DPP Demokrat periode 2020-2025. Mengapa? Karena NVB adalah orang kepercayaan ketua umum terpilih, AHY,” ungkap Brilian.

Dia optimistis posisi politik NVB itu dapat menentukan kemenangan bagi Demokrat di Manado yang akan mengusung Mor D Bastian sebagai bakal calon wali kota. Mor sesuai rekomendasi DPC  akan didampingi oleh Aaltje Dondokambey atau Kristo Ivan Lumentut sebagai bakal calon wakil wali kota. (*/yuk)

Author: Redaksi MyManado

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *