Yosep Antonius Langsung Bersih-bersih Rutan

MANADO, MYMC-Genap sepekan setelah dipercayakan menjadi orang nomor satu di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIA Manado, Yosep Antonius, Amd.IP, S.Pd, MSi langsung membuat gebrakan. Bersih-bersih Rutan menjadi prioritas awal dari mantan Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Tata Tertib Lapas Klas IIA Serang, Banten itu.

Awalnya adalah membersihkan branggang, terutama sepanjang selokan yang selama ini mampet, serta memaksimalkan potensi lahan tidur untuk dimaksimalkan kegunaannya bagi Rutan.

Memantapkan koordinasi dengan Sub Seksi Kegiatan Kerja dan Tim Pengamanan Ruten, Rabu pagi diresmikan tim kecil yang langsung bergerak melakukan perbersihan menyeluruh di branggang.

‘’Prioritas utama adalah melakukan pembersihan di branggang, perbaikan drainase, memperlancar saluran air pembuangan dan baru masuk di pematangan lahan yang bisa digunakan untuk bercocok tanam apa saja,’’ ungkap putra asli Yogyakarta yang besar di Bandung itu.

Ka Rutan dalam arahannya saat melepas tim kecil berharap untuk bekerja dengan baik, tekun dan tetap semangat. Tim ini dilengkapi dengan peralatan bekerja yang lengkap, topi kerja, kaos dan sepatu booth. ‘’Bekerjalah dengan serius,’’ pesan Ka Rutan.

Setelah di branggang rampung, agar Rutan Manado tampak berbeda, termasuk pembasmian hewan tikus yang begitu mengganggu.
Untuk pekerjaan awal, dibawah tanggungjawab langsung Kepala Pengamanan Rutan, Sonny Abram Gumansalangi. Setelah semua rampung, maka diserahkan pemanfatannya pada Kasubsi Kegiatan Kerja, Arjun Djuma Okong dengan melibatkan personil KPR dan Giatja, Ricko Wendur, Meliko Pangemanan dan Lucky Lumenta.

Koordinator Lapangan, Eddyson Thomas menjelaskan, ada tiga tahap yang dikedepankan yaitu pembersihan halaman, normalisasi saluran dan pematangan lahan untuk areal perkebunan. ‘’Lama kerja, sesuai target adalah 14 hari,’’ ujarnya.

Sementara untuk pemanfaatannya, menurut pendamping teknis, Ferdinand Tangkudung dan Jhon Mantiri, diserahkan ke Rutan untuk melihat mana yang terbaik setelah lahan rampung. ‘’Tergantung Pak Ka Rutan bagaimana bagusnya,’’ tambah Tangkudung. (ags)

Author: Redaksi MyManado

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *