Pilwako Manado 2020, Nova Sumolang Siap Catatkan Sejarah

Manado, MYMC-Pemilihan kepala daerah atau Pilkada merupakan ajang mencari pemimpin terbaik di daerah. Penegasan itu disampaikan bakal calon (Balon) Wali Kota Manado Nova Sumolang saat dihubungi indoBRITA Media Group, Selasa (24/12/2019).

“Pilkada itu hakikat atau susbtansinya memilih pemimpin terbaik. Pilihan itu di tangan masyarakat,” kata pengusaha sukses ini.

Pemilik dua pulau di Kepulauan Seribu ini merasa bahagia karena sejumlah figur terbaik dan populis menyatakan diri maju pada pemilihan wali kota (Pilwako) Manado 2020. Masyarakat atau pemilih menurut dia jadi leluasa menentukan pilihannya. “Yang terbaik itu yang terpilih,” ucapnya.

Srikandi terbaik ini menyatakan siap adu gagasan dengan bakal calon lainnya. Ia maju setelah berbagai kalangan mendorong dan memintanya mendaftar sebagai Balon Wali Kota Manado. “Saya ingin memberikan yang terbaik untuk Manado,” katanya.

Wanita cantik ini menyadari ketatnya persaingan. Apalagi dalam sejarah, belum satu pun srikandi yang memenangi Pilwako Manado. 

Tentu saja ini tantangan tersendiri baginya. Pengusaha yang aktif di Kamar Dagang Indonesia (Kadin ) itu siap mencatatakan sejarah baru. “Sekarang bukan soal dia perempuan atau pria, tapi bagaimana keseriusan, ketulusan hatinya dan konsep atau visi-misi yang ditawarkannya untuk memajukan Manado. Saya siap lahir dan batin dengan segenap kemampuan saya memajukan Manado sehingga menjadi kota modern dan punya daya saing di bibir pasifik,” Nova memaparkan.

Keke asal Tondegesan Kawangkoan, Minahasa ini sudah menyiapkan sejumlah program bila kelak diberi kepercayaan memimpin Manado. Salah satunya program One Island One Management. “Program ini soal sinergitas dalam membangun dermaga-dermaga yang akan difungsikan saat terjadi bencana untuk evakuasi. Itu belum ada di Manado. Melalui program ini, kita bangun pariwisata, khususnya bidang kemaritiman di Kota Manado,” ungkapnya.

Ketua Garda Wanita (Garnita) Malahayati Partai NasDem Sulut ini juga ingin fokus pada peningkatan sumber daya infrastruktur wilayah dan investasi daerah. “Perlu peningkatan lapangan kerja dan kesempatan usaha serta kebijakan peningkatan kinerja aparatur birokrasi. Ini arah kebijakan dan strategi sesuai jargon saya yakni Panca Krida jika terpilih sebagai Wali Kota Manado,”ucapnya.

Selain itu, Nova ma memacu peningkatan sumber daya manusia (SDM). Ia yakin SDM yang unggul akan memenangkan persaingan di era digital. Dalam konteks itu, Nova akan memprioritaskan pendidikan dan kesehatan. “Kualitas layanan pendidikan dan kesehatan akan menghasilkan generasi yang unggul,” ujarnya.

Dengan konsep jelas dan terukur, Nova diyakini layak memimpin Manado. Kiprah menterengnya di dunia juga usaha mempertebal  keyakinan banyak kalangan soal jiwa leadershipnya tersebut.

Nova Sumolang saat daftar di Partai Nasdem (Istimewa)

“Bisnisnya berkembang di beberapa daerah. Ia membuktikan kapasitas dan keunggulan wanita Sulut di level nasional ,” kata Christian ‘Eto’ Pua, Mantan Ketua Kadin Sulut.

Tak heran menurut Eto jika nama Nova cepat tersosialisasi. “Begitu ia mendaftar sebagai Balon Wali Kota Manado di Partai Nasdem, Golkar, Gerindra dan PAN, sokongan langsung mengalir deras untuknya,” ucapnya.

Eto benar. Berbagai organisasi dan beragam kelompok menyampaikan dukungan. Nova dianggap sosok tepat memimpin Manado lima tahun ke depan.

“Manado ini kota jasa dan perdagangan. Butuh sentuhan pengusaha hebat untuk mengkatrol perekonomian Manado dan memajukan semua aspek,” ujar Joy Siwy dari Forum Komunikasi Masyarakat Manado (FKMM) dalam diskusi ringan dengan wartawan di Manado, Kamis (19/12/2019) lalu.  “Saya dan kawan-kawan mendukung Ibu Nova Sumolang,” kata Joy lagi.

Sokongan luar biasa masyarakat tersebut membuat tim sukses NS mudah membentuk jaringan dan relawan sampai ke tingkat kecamatan, bahkan kelurahan. “Tim pemenangan sudah terbentuk  di sebelas kecamatan. Tim kami bahkan sudah menjangkau hampir semua kelurahan di Manado,” ucap Handry Rumajar, tim sukses dan orang dekat NS.

Dukungan luar biasa masyarakat Manado itu selaras dengan topangan sejumlah pengusaha nasional dan sejumlah elit partai di pusat. Nama-nama beken di kalangan dunia usaha seperti Mohamad Suleman Hidayat, Suryo Bambang Sulisto dan Nita Yudi sangat mensupport NS. Mohamad Sulemen dan Suryo Bambang diketahui pernah menjadi Ketua DPP KADIN dan Niya Yudi adalah Ketua DPP IWAPI. “Saya menganggap Nova Sumolang memiliki latar belakang yang cukup mumpuni untuk maju. Insya Allah sebagai Wali Kota Manado. Mengapa saya mengatakan demikian, karena saya rasa Manado itu merupakan kota sangat menarik perhatian tidak saja di Asia Tenggara, melainkan di Asia bahkan di dunia,” ujar Suryo . (ags)

Author: Redaksi MyManado

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *