FPP Ganjar Jurani Rurubua sebagai Legislator Teladan dan Paling Berdedikasi 2019

Manado, MYMC-Anggota DPRD Manado Jurani Rurubua (JR) memperoleh ‘kado’ manis di penghujung 2019. Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu diganjar sebagai legislator teladan dan paling berdedikasi se-Sulut 2019 oleh Forum Pemantau Parlemen (FPP).

Pemberian penghargaan digelar bersamaan dengan diskusi publik bertajuk Wakil Rakyat, Wakil Parpol atau Wakil Siapa di Manado, Jumat (20/12/2019). “Penentuan legislator teladan dan paling berdedikasi 2019 diputuskan setelah mendengar perwakilan FPP di semua kabupaten dan kota,” kata Wakil Ketua FPP Sony Undap.

Aktivis yang saat mahasiswa pernah menjadi ketua salah satu partai politik itu menyebut sejumlah kriteria atau parameter sehingga FPP memilih Sekretaris Fraksi Partai Golkar Manado itu sebagai wakil rakyat teladan. “Kami perhatikan absensi atau kehadiran di kantor, keaktifan di legislatif, kekritisan di setiap pembahasan, terobosan yang dilakukan, hubungan dengan konstituen atau masyarakat dan paling utama apakah perjuangan dan karyanya itu memberi dampak yang positif bagi masyarakat,” ujarnya.

Pada poin absensi, Sony yang hadir bersama Sekretaris FPP Jelly Wensy Siwi dan Bendahara Greiny Sambur mengatakan banyak legislator memenuhi kriteria. “Poin kedua soal keaktifan dan kekritisan di legislatif juga banyak. Yang membedakan ada wakil rakyat yang kritis, tapi terkesan ingin bargaining untuk sesuatu. Jurani dalam penilaian kami tidak dalam kesan itu. Ia kritis untuk kepentingan orang banyak,” ungkapnya.

Di kriteria selanjutnya, lanjut Sony, Jurani memperlihatkan keunggulan. “Ia melakukan terobosan dengan rumah aspirasi. Ia juga membuat pertanggungjawaban secara berkala dan transparan tak hanya kepada partai, tapi masyarakat. Jurani berani mengumumkan dana reses, meski kemudian tidak disenangi sejumlah rekan-rekannya,” ucapnya.

Di luar lembaga, Jurani paling rajin menemui masyarakat. Tak sekedar turun, politisi cantik ini tak sungkan mengeluarkan kocek sendiri untuk membantu warga kurang mampu.

“Distribusi air bersih, biaya pembangunan rumah ibadah, beasiswa untuk pelajar kurang mampu, bantuan sembako, bantuan down payment rumah bersubsidi untuk 37 kepala keluarga dan santunan rutin ke sejumlah panti asuhan. FPP tidak melihat dari sisi bantuannya, tapi perjuangan dan karyanya yang punya dampak bagi masyarakat,” kata Sony. “Poin atau faktor terakhir ini yang membuat Jurani sedikit unggul atas Melky,” ujar Sony lagi.

Sekretaris FPP Jelly Winsi Siwi berharap penghargaan itu makin memotivasi  Wakil Ketua DPD PSI itu untuk menunjukkan kinerja terbaik sebagai wakil masyarakat. “Kami juga berharap penghargaan ini memotivasi ratusan  legislator lainnya di Sulut. Mulai tahun depan, kami akan mengumumkan wakil rakyat setiap tiga bulan. Kategorinya juga akan kami tambah,” ungkap Siwi.

Pria yang akrab disapa JWS ini menyampaikan terima kasih kepada semua insan pers Sulut. “Pemberitaan di media, baik cetak maupun elektronik juga menjadi acuan kami dalam menentukan legislator terbaik,” ucapnya.

Jurani sendiri tak menyangka akan mendapatkan perhatian dan penghargaan dari FPP. “Terima kasih atas penghargaan ini. Sejujurnya saya bekerja sebaik mungkin bukan untuk tujuan mendapatkan penghargaan, tapi demi masyarakat yang memberikan amanah. Saya berbuat yang terbaik buat seluruh warga dan untuk daerah serta negeri tercinta,” kata Jurani.

Sementara Joppy Senduk yang menjadi moderator dalam diskusi dan Meikel Lela sebagai perwakilan pers menyampaikan selamat kepada Jurani atas penghargaan tersebut. (ags)

Author: Redaksi MyManado

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *