Sang Jenderal Benny dan Si Fenomenal Jurani Rurubua, Kiprahnya Selalu Dinanti

Manado, MYMC-Benny Parasan kini bergelar jenderal bintang empat. Dia satu-satunya politisi Tikala yang menyandang gelar itu.

“Benny itu jenderal bintang penuh. Ia satu-satunya politisi yang sudah empat periode duduk di DPRD Manado,” kata aktivis LSM Terry Umboh dengan bercanda saat bersua dengan Ketua Komisi 1 DPRD Manado itu di Blue Ocean Cafe, Rabu (20/11/2019).

Empat periode di DPRD Manado, Benny tentu saja menjadi pembeda. Ia menjadi semacam ‘pengayom’ bagi legisator muda lainnya.

“Yang bagus dari seorang Benny Parasan adalah suka sharing dan berbagi ilmu dengan siapa saja. Ia matang dan sangat menguasai masalah,” ujar Bobby Daud, Sekretaris Komisi 1 yang sudah tiga periode atau pemilik bintang tiga di DPRD Manado.

Kelebihan Benny lainnya adalah kemampuan dia beradaptasi dengan sangat cepat. Tak heran bila ia dipercaya memimpin sejumlah organisasi besar. PB Pertina dan PB IPSI adalah dua organisasi yang dipimpinnya, selain sebagai Ketua Harian KONI Manado.

Sementara dalam setiap pembahasan di DPRD Manado, Benny menunjukkan kekritisannya. Politisi berdarah Toraja ini juga wakil rakyat yang paling sering menerima pengunjuk rasa di gedung Tikala.

“Benny memang top. Ia layak menyandang gelar jenderal bintang penuh,” ucap Hengky Kawalo, Ketua Umum KONI Manado yang juga sudah tiga periode berkiprah di DPRD Manado.

Selain sang jenderal, satu wakil rakyat yang selalu dinanti kiprahnya adalah sang pendatang baru, Jurani Rurubua. Legislator cantik ini dianggap fenomenal. Banyak kalangan menyebutnya berkah untuk DPRD Manado dan masyarakat.

“Baru kali ini saya melihat wakil seperti ini. Tak hanya cerdas, ia juga baik dan benar-benar datang dengan semangat pengabdian yang tinggi,” kata salah satu jurnalis senior yang tak ingin namanya dipublish.

Walau baru beberapa bulan di DPRD Manado, politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini sudah menunjukkan kinerja membanggakan. Rajin berkantor, aktif dalam setiap pembahasan, vocal menyuarakan ketimpangan dan ini yang mungkin tak dilakukan wakil rakyat lainya. Bahwa salah satu Tonaas LMI ini rajin turun ke masyarakat.

Tak sekedar turun, Jurani juga tak sungkan merogoh kocek sendiri untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.. “Saya salut dengan Jurani yang mau mengeluarkan uang cukup besar untuk membayar down payment atau uang muka untuk mendapatkan perumahan yang layak buat 37 kepala keluarga. Ini sebagai bentuk kepeduliannya terhadap warga kurang mampu,” kata politisi PDIP, Jean Sumilat saat pembahasan KUA-PPAS di DPRD Manado.

Selain membayarkan DP rumah buat warga, politisi berdarah Toraja ini juga terekam media pernah mendistribusikan air bersih saat musim kemarau ke rumah-rumah penduduk, membagikan ribuan karung beras dan minyak kelapa serta ikut membantu pembangunan rumah ibadah.

Beberapa mahasiswa juga ikut dibantunya supaya bisa terus meneruskan pendidikannya. Pun puluhan pelajar difasilitasinya ikut kursus bahasa asing.

“Pengabdiannya tanpa batas. Jurani ini menunjukkan keteladan luar biasa. Iya wakil rakyat yang pantas dibanggakan,” kata Bendahara Forum Pemantau Parlemen (FPP) Sulut, Greiny Sambut.

Atas kinerjanya yang membanggakan itu FPP Sulut mengganjarnya sebagai legislator terbaik triwulan pertama. “Sebenarnya kami akan memberikan piagam penghargaan itu di November i ni. Namun setelah ditimbang Sebaiknya itu diberikan di Desember tahun ini sekaligus menobatkannya sebagai wakil rakyat teladan 2019, ” ujar Sekretaris Umum FPP Sulut, Jelly Winsi Siwi. (ags)

Author: Redaksi MyManado

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *