CPNS Keluhkan Perbedaan NIK di KTP dan KK, Jurani Rurubua Pertanyakan Kinerja Disdukcapil Manado

MANADO, MYMC-Sekretaris Fraksi Partai Golkal (PG) DPRD Manado, Jurani Rurubua mempertanyakan kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Manado yang kurang maksimal dalam pengurusan pelayanan publik, khususnya kartu identitas masyarakat. Legislator cantik ini mengaku menerima keluhan masyarakat soal perbedaan nomor induk kependudukan (NIK) dengan yang tertera pada kartu keluarga (KK).

 “Kami perlu mempertanyakan ini karena kesalahan data akan menyulitkan warga. Jangan ada lagi kesalahan seperti ini. Instansi terkait harus menuntaskan masalah ini dan melakukan perbaikan dalam pelayanan kepada masyarakat,” kata Rani, sapaan akrab Sekretaris Fraksi Partai Golkar (PG) Manado ini kepada wartawan, Selasa (19/11/2019).

Permasalah perbedaan nomor antara NIK di KTP dengan KK menjadi konsumsi publik setelah sejumlah  warga mendaftar sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS). “Mereka mengeluhkan soal NIK tidak sesuai dengan tanggal lahir. Padahal NIK beberapa digit angkanya diambil dari tanggal lahir,” ungkap Wakil Ketua DPD PSI Sulut ini.

Dia menyayangkan terjadinya kesalahan pengisian data dalam pengurusan kartu identitas warga Manado. “Jika pengurusan KTP sudah salah berarti kinerja staf di kantor tersebut tidak beres. Sekali lagi mohon dilakukan perbaikan,” ujarnya. (ags)

Author: Redaksi MyManado

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *