Rakernaslub, Siwo se-Indonesia Sepakat Jatim sebagai Tuan Rumah Porwanas 2020

LAMPUNG, MYMC– Keinginan Jawa Timur untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2020, akhirnya terwujud setelah terpilih secara aklamasi pada Rapat Kerja Nasional luar biasa (Rakernaslub), Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI, Jumat (25/10/2019) di Tegal Mas Island, Lampung.

Sebanyak10 cabang olahraga akan dipertandingkan pada Porwanas yang dijadwalkan bakal digelar pertengahan Agustus hingga awal September 2020 mendatang. Rakernaslub yang diikuti 27 pengurus Siwo se-Indonesia dari 35 provinsi itu menghendaki Jatim sebagai pengganti Provinsi Papua yang sebelumnya menyatakan tidak siap menjadi tuan rumah.

Selain Jawa Timur, Provinsi Sumatra Selatan, juga mengajukan diri sebagai tuan rumah. Namun sayangnya, dari tata tertib Rakernaslub, calon tuan rumah Porwanas sebelumnya harus mengajukan Surat permohonan kepada Siwo PWI Pusat dan PWI Pusat. Termasuk surat dukungan dari Pemerintah Provinsi.

Pimpinan sidang Rakernaslub, Janu Riyanto dari Siwo PWI DI Yogyakarta mengatakan sesuai Tatib Rakernaslub, Sumsel dinyatakan gugur. Berarti hanya Jatim yang layak sebagai tuan rumah Rakernaslub. Meski begitu Janu tetap memberikan apresiasi kepada Sumsel yang meminta waktu untuk memberikan pemaparan.

“Setelah semua SIWO menyatakan mendukung Jatim sebagai tuan rumah, maka secara aklamasi, Jatim menjadi tuan rumah Porwanas 2020. Sedangkan Papua, dinyatakan batal sebagai tuan rumah. Bagi Provinsi Sumsel, kita mengapresiasi ikut meramaikan sebagai calon tuan rumah Porwanas, namun belum memenuhi tatib,” ujar Janu, yang juga didampingi ketua SIWO PWI Pusat, Ariwangsa.

Usai penetapan Jatim sebagai tuan rumah Porwanas 2020, pimpinan sidang memberikan kesempatan kepada Ketua PWI Jatim dan Ketua SIWO Jatim untuk menyampaikan, persiapan Jatim sebagai tuan rumah. “Saya berterima kasih kepada teman-teman atas dukungannya. Kami sudah menyiapkan segalanya baik bersifat teknis maupun non teknis pelaksnaan nanti. Kota Malang dan Kota Batu, Jatm jadi lokasi oertandingan,” kata Erwin Muhamad, Ketua Siwo PWI Jatim.

Ke-10 cabang yang akan dipertandingkan adalah atletik, biliar, bulu tangkis, catur, futsal, sepak bola, tenis meja, tenis lapangan, bridge dan bowling. Juga akan dilombahkan dua lomba karya jurnalistik dan lomba foto jurnalistik.

Ketua SIWO PWI Sulut Wolter Rumapar yang ikut dalam rakernas tersebut mengatakan, meski sempat panas saat persidangan karena muncul Sumsel yang ikut mencalonkan diri, Rakernas dapat berlangsung sukses dan penuh kekeluargaan. (*/ags)

Author: Redaksi MyManado

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *